Informasi Teknologi

Memahami Sistem Informasi dan Teknologi Informasi

 

kemajuan-teknologi-saat-ini.png

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas sedikit mengenai Sistem Informasi dan Teknologi Informasi. Mungkin bagi sebagian orang sudah tidak asing lagi mendengar kalimat “Sistem Informasi dan Teknologi Informasi” apalagi bagi orang-orang yang berkecimpung di dunia teknologi atau yang lebih sering disebut dengan IT. Tapi bagi orang-orang yang tidak terlalu paham mengenai teknologi atau istilahnya “gaptek”, gagap teknologi, mereka tidak tau apa itu Teknologi Informasi atau Sistem Informasi.

 

Saya sering mengalami ini, ketika ada orang yang bertanya tentang kuliah saya, pertanyaan yang sering diajukan yaitu “kuliah di jurusan apa?” saat saya jawab Sistem Informasi, mereka bertanya lagi, “Sistem Informasi tuh kaya gimana?” Nah, ini membuktikan bahwa tidak setiap orang tau maksud dan fungsi dari Sistem Informasi itu apa.

Agar lebih paham yuk kita kenali lebih dalam, dimulai dari pengertian Sistem Informasi dan Teknologi Informasi itu sendiri.

APA SIH SISTEM INFORMASI ITU?

teknologi-informasi-ilustrasi-_120426200901-978
Sistem Informasi terdiri dari dua kata yaitu sistem dan informasi. Sistem yaitu sekelompok elemen yang digabungkan untuk mencapai suatu tujuan sedangkan informasi yaitu data yang sudah diolah sehingga memiliki makna tersendiri. Ada beberapa definisi Sistem Informasi dengan makna yang berbeda.

Dari yang saya ketahui Sistem Informasi adalah kumpulan perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), pengguna (brainware), dan prosedur kerja yang dikombinasikan dengan teknologi informasi untuk mengumpulkan, menganalisis, menyimpan, serta mengolah data menjadi informasi yang nantinya akan disebarkan untuk memecahkan masalah dan pengambilan keputusan dalam mencapai suatu tujuan. Biasanya Sistem Informasi ini digunakan dalam suatu organisasi.

APA SIH TEKNOLOGI INFORMASI ITU?

 

Pengertian Teknologi Informasi tidak jauh berbeda dengan Sistem Informasi. Teknologi sendiri memiliki arti penerapan ilmu pengetahuan ilmiah seperti alat yang digunakan untuk membantu manusia melakukan sesuatu. Sehingga Teknologi Informasi yaitu perpaduan antara perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) untuk menyimpan, mengambil, memanipulasi, menampilkan dan mengolah data menjadi informasi yang akan disalurkan kepada pengguna. Teknologi Informasi merupakan kombinasi antara teknologi komputer dan teknologi komunikasi.

Masih kurang paham? Mari cek perbedaanya..

PERBEDAAN ANTARA SISTEM INFORMASI DAN TEKNOLOGI INFORMASI

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan perbedaan diantara keduanya yaitu:

  • Sistem Informasi lebih fokus pada perangkat lunak nya sedangkan Teknologi Informasi lebih fokus pada perangkat keras atau alatnya.
  • Sistem Informasi memproses dan menyediakan informasi untuk user sedangkan Teknologi Informasi teknologi yang membantu seluruh aktivitas Sistem Informasi.
  • Sistem Informasi tingkatannya lebih tinggi daripada Teknologi Informasi tetapi saling berkaitan satu sama lain.

Sistem Informasi dan Teknologi Informasi pasti memiliki sejarah, awal terbentuknya serta perkembangannya bisa samapai seperti sekarang ini. Setelah ini saya akan bahas sedikit tentang sejarahnya, jangan di skip ya.. lumayan lah buat nambah wawasan.

SEJARAH SISTEM INFORMASI

Ternyata pertukaran informasi sudah ada sejak dulu bahkan sekitar 3000 tahun sebelum masehi. Bahkan cara pertukarannya pun masih sangat kuno dengan cara menuliskannya pada batu, kayu, papirus atau tanah liat. Ada empat tahapan dalam perkembangan sistem informasi, yaitu :

  1. Pra Mekanik

Sekitar tahun 3000-2000 sebelum masehi komunikasi masih menggunakan simbol dan gambar untuk menyampaikan pesan. Dimulai dari bangsa Fenisia (Lebanon) lalu bangsa Yunani Kuno mengadaptasi simbol menjadi huruf vokal kemudian Romawi Kuno mengubahnya menjadi alfabet. Sedangkan bangsa Mesir Kuno menciptakan sistem angka yang berujung pada penemuan alat bantu hitung yaitu abakus.

  1. Mekanik

Priode ini sering juga disebut dengan abad pertengahan dimana alat sudah tercipta untuk menyimpan, mengolah dan merekam informasi. Penemuan pada abad ini yaitu mesin cetak Gutenburg dari Jerman. Sedangkan pada tahun 1600 Blaise Pascal menciptakan komputer atau mesin hitung pertama dalam sejarah dengan sebutan Pascaline.

  • Elektomekanik

Pada masaini tercipta telepon dan kode Morse untuk komunikasi jarak jauh. Kemudian pada awal 1948 komputer untuk pertama kalinya diperkenalkan yang disebut dengan Dubbed Manchester Mark 1 digunakan untuk menyimpan program dan data.

  1. Elektronik

Pada tahun 1957 Jean Heorni mengembangkan transistor planar. Departemen Pertahanan Amerika Serikat mendirikan ARPANET (Advanced Research Project Agency NETwork). Kemudian pada tahun 1962 Licklider memperluar ARPANET ke jaringan global untuk interkasi sosial. Andrew Grove, Gordon Moore dan Robert Noyce menciptkan mikrochip pada tahun 1968 yang kemudian dijual kepada intel.

SEJARAH TEKNOLOGI INFORMASI

  1. Masa Pra Sejarah

Informasi mash digambarkan pada dinding-dinding gua atau tebing-tebing bebatuan. Manusia pada zaman ini sudah dapat mengenali benda-benda disekitar. Komunikasi ulai menggunakan isyarat dan bunyi seperti gendang dan terompet.

  1. Masa Sejarah

Bangsa Sumeria menggunakan simbol atau tulisan yang dibentuk dari pictograf yang berbeda dalam penyebutannya sehingga dapat membentu kata, kalimat dan bahasa. Kemudian bangsa Mesir Kuno menggunakan huruf Hierogliph pada tahun 500 sebelum masehi. Pada tahun 1455 Johann Gutenberg mengembangkan mesin cetak. Tahun 1800-an Charles Babbage dengan Augusta ady Byronpertama menulis program koputer menggunakan mesin analytical.

  • Masa Tahun 1900-an

Tahun 1992 CERN membentuk komunitas Internet dengan pengenalan www. Kemudian tahun 1995 perusahan diperbolehkan menjadi provider dengan membeli jaringan di backbone.

CONTOH SISTEM INFORMASI DAN TEKNOLOGI INFORMASI

Tanpa kita sadari Sistem Informasi dan Teknologi Informasi ternyata sudah sering kita gunakan sehari-hari.

Contoh-contohnya yaitu :

  • Pemesanan tiket => kita bisa memesan tiket pesawat atau tiket kereta api bahkan tiket bioskop pun bisa dipesan secara online tanpa harus menganti di loket.
  • SMS Banking dan E-Banking => informasi mengenai perbankan dapat langsung diakses melalui Handphone, seperti mengecek saldo dan transaksi keuang tanpa harus mendatangi bank atau ATM secara langsung.
  • Layanan Akademis => seperti di kampus, mahasiswa dapat mengakakses info seputar kampus dan perkuliahannya dengan mudah.
  • E-commerce => perdagangan secara online sekarang sudah banyak toko online yang mempermudah konsumen dalam berbelanja.
  • E-learning => pembelajaran dengan menggunakan moodle atau virtual class.

    – Smartphone, Mikrokomputer, Minikomputer

Itulah sedikit pemahaman saya mengenai Sistem Informasi dan Teknologi Informasi. Mohon maaf apabila banyak kesalahan dan kekeliruan. Jika ada kritik dan saran silahkan sampaikan di kolom komentar. Terima kasih. Semoga bermanfaat J pyeong~^^

Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_informasi
achsan.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/4136/Gambaran+Umum.pdf
http://11650056-si.blogspot.co.id/2013/03/perbedaan-sistem-informasi-dan.html
https://kangriyanto.wordpress.com/2011/04/01/penerapan-teknologi-informasi-dalam-kehidupan-sehari-hari/

Sejarah perkembangan sistem informasi

Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

 

*********

https://adateknoblog.wordpress.com

Tinggalkan komentar